Jalan Genteng Besar

24 Jul 2010

jalan genteng besar

Termasuk terlambat buat saya mengetahui tempat khusus yang menjual oleh- oleh khas surabaya. Kalo tahun kemaren anda bertanya pada saya dimana mencari oleh oleh yang khas dari Surabaya mungkin saya akan menjawab tidak tahu oleh- oleh apa yang patut dibawah.

Agak bingung ketika saya ditanya oleh-oleh yang bisa dibawah dari Surabaya, karena Surabaya lebih terkenal dengan makanan lontong balap ataupun rujak cingurnya, tetapi kalo buat oleh oleh saya sendiri juga akan lama buat menjawabnya. Setelah tanya kesana kemari akhirnya baru tau kalo tempat yang khusus buat mencari oleh oleh khas surabaya adalah di Jalan Genteng Besar

Jalan Genteng Besar saat ini sebagai wilayah yang banyak dikunjungi oleh para 2tamu dari berbagai daerah, hal ini karena di sepanjang jalan ini bisa kita jumpai berbagai toko toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh yang memang khas dari Surabaya. Kalo anda mencari pernak pernik atau segala macam acecoris tentu anda bakal kecewa karena yang ada disini kebanyakan berupa makanan saja.

Contoh makanan yang bisa anda dapatkan adalah Bandeng asap, abon sapi, teng2 kacang tanah dan teng2 kacang mente dll. Disini juga tersedia berbagai macam krupuk Udang yang sebenarnya berasal dari Sidoarjokhassby.

audio-sby_gedeKalo berbicara Jalan Genteng Besar sih dulu lebih banyak mengenal pasar Gentengnya karena merupakan pusat perdagangan barang - barang elektronik yang ramai hingga sekarang sehingga kalo anda lewat jalan ini pada siang hari bakalan terhambat karena sepanjang jalan ini sangat padat oleh kendaraan roda empat yang parkir di sisi kanan dan kiri jalan.

Jalan Genteng Besar, pojok Kali Genteng, itu dulu adalah jalan Van Deventerlaan, dengan landmark menonjol berupa gedung apotek De Vriendschap (Persahabatan). Pemiliknya adalah Lucien van der Velde.

Van der Velde, keturunan pengusaha grosir dan tekstil dari Amsterdam di mana Eduard Douwes Dekker pernah bekerja sebagai karyawan, saat itu memiliki banyak cabang apotek ini di Soerabaja.

Di 1933 Van der Velde menyusul Willy Otten-Rijnberk repatriasi ke Negeri Belanda dan memilih kota Emmen sebagai tempat tinggal baru. Di Emmen dia meneruskan bisnis apotek yang di Soerabaja dengan nama sama, yakni De Vriendschap juga.

Apotek De Vriendschap yang di Belanda hingga saat ini masih ada

So kalo anda mau jalan jalan ke Surabaya silakan aja mampir dimari

Sumber tulisan plus gambar:


TAGS Jalang genteng besar pasar genteng khas surabaya


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post